Ahok Tokoh Paling Dicari di Google

Posted on

Jakarta – Google selalu membagi pencarian terpopuler sepanjang tahun. Di 2016 ini kategori tokoh paling dicari di mesin pencarian Google banyak didominasi oleh tokoh-tokoh politik Indonesia.

Pencarian tertinggi dimiliki oleh Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama. Gubernur DKI Jakarta non-aktif ini menempati posisi pertama dalam data Google Year In Search 2016. Berikut daftar 10 tokoh paling dicari netizen di Google Search Indonesia.

1. Ahok
Gubernur DKI Jakarta Basuk Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi tokoh paling dicari di Google. Berbagai kasus hukum mengganjal langkah gubernur non-aktif ini. Mulai dari kasus RS. Sumber Waras, Reklamasi Teluk Jakarta hingga kasus penistaan agama. Pencarian tertingi untuk kata Ahok terjadi pada kisaran waktu 30 Oktober hingga 5 November 2016.

2. Sri Mulyani
Sri Mulyani sempat menjadi populer di mesin pencarian Google setelah wanita yang pernah memimpin Bank Dunia sebagai Direktur Pelaksana memutuskan kembali ke Indonesia. Sri Mulyani menerima permintaan Presiden Joko Widodo untuk kembali menjadi Menteri Keuangan Republik Indonesia. Salah satu kebijakan yang membuat namanya melambung tahun ini tingginya peserta Amnesti Pajak.

3. Buni Yani
Dosen sekaligus mantan pekerja media bernama Buni Yani menjadi tokoh paling dicari di Google Indonesia. Buni Yani adalah orang yang membuat status di halaman Facebooknya mengenai pidato Ahok di Kepulauan Seribu. Status Buni Yani heboh disebarluaskan karena membuat transkrip dari video, mengenai ucapan Ahok yang mengambil ayat Al-Maidah ayat 51.

4. Wayan Mirna Salihin
Wanita Jakarta bernama Wayan Mirna Salihin meninggal dunia pada Januari 2016. Wanita berusia 28 tahun ini tewas seusai meminum kopi Vietnam di Cafe Olivier Grand Indonesia. Sahabat Mirna, Jessica Kumala Wongso dinyatakan sebagai pelaku pembunuhan berencana.

5. Nusron Wahid
Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ini ramai dicari netizen setelah membuat pernyataan di Twitter mengenai umat Islam. Nusron diketahui salah satu pendukung Ahok.

6. Agus Yudhoyono
Putra sulung mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menjadi pencarian tertinggi keenam. Agus Harimurti Yudhoyono mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrat. Agus rela meninggalkan karir militernya demi tugas baru yang diberikan partai.

7. Tito Karnavian
Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ini terhitung sebagai polisi dengan karir tercepat. Setelah memegang BNPT, Tito sempat menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya. Ia kemudian menjadi jenderal polisi dan dipilih sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia menggantikan Badrodin Haiti yang memasuki masa pensiun.

8. Fahri Hamzah
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah menjadi pencarian netizen Indonesia. Pencarian Fahri banyak dilakukan berkaitan pemecatan dirinya dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada April 2016. Netizen juga banyak mencari informasi tentang kesalahan Fahri Hamzah hingga dipecat partai.

9. Irman Gusman
Mantan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Irman Gusman menjadi pencarian populer nomor sembilan. Irman diketahui ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi atas dugaan suap mengenai pembelian kuota gula impor di Bulog untuk Provinsi Sumatera Barat.

10. Archandra Tahar
Pria keturunan minang Archandra Tahar sempat diangkat Joko Widodo sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Dalam hitungan hari Archandra diberhentikan karena status kewarganegaraannya. Ia diketahui berstatus warga negara Amerika Serikat dan Indonesia saat ditunjuk sebagai Menteri ESDM.

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/news/2016/12/15/072827990/ahok-tokoh-paling-dicari-di-google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *