Fakta Unik: Tradisi Dua Gol Timnas Indonesia Terus Berlanjut

Posted on

Tim nasional Indonesia berhasil mengalahkan Thailand 2-1 dalam laga final pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu.

Setelah sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Teerasil Dangda, Rizky Pora menjadi bintang kemenangan Indonesia, dengan mencetak gol penyama kedudukan pada menit 65 dan lantas mengirimkan sepak pojok yang ditanduk Hansamu Yama Pranata untuk membalikkan keadaan menjadi 70.

Hasil 2-1 ini sekaligus menjaga “tradisi” Indonesia yang melekat pada kiprah mereka di Piala AFF 2016 sejauh ini. Sejak laga pertama turnamen dua tahunan ini, Indonesia terus mencetak dua gol ke gawang lawan.

Pada pertandingan pertama penyisihan Grup A melawan Thailand, 19 November 2016, Lerby Eliandry dan Boaz Solossa mencetak dua gol untuk membawa Indonesia sementara menyamakan kedudukan 2-2, meski akhirnya Indonesia harus menyerah 2-4 kepada Tim Negeri Gajah tersebut.

Lantas pada laga penyisihan kedua melawan Filipina, tiga hari berselang, gol Fachruddin dan Boaz sempat membawa Indonesia unggul dua kali atas tuan rumah, meski akhirnya harus puas dengan hasil imbang 2-2.

Kemudian pada laga pamungkas penyisihan Grup A, 25 November 2016, gol dari Andik Vermasah dan Stefano Lilipaly sukses membalikkan keadaan dan memastikan kemenangan Indonesia 2-1 atas Singapura.

Indonesia kemudian melangkah ke babak semi final sebagai peringkat kedua klasemen akhir Grup A dan menghadapi Vietnam.

Di laga semi final pertama di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12), Indonesia berhasil menang 2-1 atas Vietnam berkat dua gol, lewat tandukan Hansamu Yama Pranata dan eksekusi penalti Boaz.

Pada laga kedua di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Indonesia kembali mencetak dua gol lewat Stefano Lilipaly dan eksekusi penalti Manahati Lestusen.

Berkat hasil 2-2 tersebut, Indonesia lolos ke partai final menghadapi pemenang semi final lain, antara Thailand dan Myanmar, yang saat ini berkedudukan agregat 2-0 bagi Thailand.

Apabila Indonesia berhasil mencetak dua gol di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12) mendatang, tentu itu menjadi sinyal positif untuk perburuan trofi Piala AFF perdana Pasukan Garuda. Dengan catatan, Thailand tidak boleh mencetak lebih dari tiga gol di pertandingan final kedua tersebut.

Sumber : https://bola.tempo.co/read/news/2016/12/14/099827924/fakta-unik-tradisi-dua-gol-timnas-indonesia-terus-berlanjut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *