Motor Jawa Siap Gempur Pasar Amerika Serikat

Posted on

NEW YORK – Produsen sepeda motor asal Ceko, Jawa Motorcycle setelah lama mati resmi dicaplok dan bergabung dengan perusahaan automotif legendaris asal Inggris yakni  Birmingham Small Arms Company (BSA). Bahkan beberapa produk motor hasil kolaborasinya siap di pasarkan di Amerika Serikat.

Kedua perusahaan ini, secara resmi  telah dikendalikan oleh  perusahaan asal India, Mahindra Ltd. Bahkan Norton disebutkan sebagai target potensial lainya.

Minggu lalu, Mahindra memperkenalkan konsep motor Jawa yang dibangun oleh bengkel modifikasi Oberdan Bezzi

“Kami pikir itu cukup akurat dalam hal apa yang akan kita lihat menuju ke pasar negara berkembang dengan memasarkan Jawa California 351,” tutur Mahindra seperti dilansir dari Morebikes, Minggu (11/12/2016).

Motor ini akan dijual bebas pada tahun 2019 dan memasuki tahap produksi tahun 2018.

Nama Jawa sendiri berasal dari nama founder atau pendirinya yaitu Frantisek Janecek dan mengambil basis mesin dari sebuah divisi sepeda motor yang yang telah setop produksi bernama Wanderer. Jadi Jawa itu gabungan dari Janecek dan Wanderer. Kemudian sepeda motor Jawa pertama kali dibuat pada tahun 1929, dan berkubikasi 500 CC.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Mahindra, Klasik Legends Pvt Ltd , memang membeli 100% dari 120.000 saham BSA seharga £28,33 per-saham.

Dalam sebuah pernyataan, Mahindra mengatakan Pvt, anak perusahaan Perseroan, telah diakuisisi pada tanggal 21 Oktober 2016, 100% dari saham BSA.

Dengan akuisisi ini, Pvt sekarang memiliki lisensi untuk merek dan memanfaatkan BSA untuk pemasaran dan distribusi sepeda motor.

Terlepas dari BSA,  Mahindra juga memiliki saham mayoritas di perusahaan automotif Perancis yakni Peugeot Parts.

sumber : http://autotekno.sindonews.com/read/1162130/121/motor-jawa-siap-gempur-pasar-amerika-serikat-1481429950

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *