Peluang Timnas Indonesia Bermain di Piala Dunia Makin Besar. Ini Sebabnya

Posted on

Keputusan FIFA untuk menambah kontestan putaran final Piala Dunia dari 32 menjadi 48 negara mulai 2026 bisa dipakai sebagai momentum pembenahan sepak bola Indonesia, kata mantan pelatin timnas di bawah usia 19 tahun Indra Sjafri.

Secara teknis, penambahan jumlah peserta putaran final meningkatkan kans negara-negara Afrika dan Asia, termasuk Indonesia.

“Tapi kita tak bisa hanya berangan-angan bahwa tahun 2026 kita akan ke Piala Dunia tanpa ada action (tindakan). Bagaimana menuju ke sana? Mau tidak mau, Indonesia harus melakukan pembinaan yang benar-benar baik,” kata pelatih yang kini mengasuh klub Bali United tersebut.

“Kita harus secara serius mengurusi kompetisi dari usia dini, yang disesuaikan dengan kondisi geografis di Indonesia. Jadi harus ada rencana dan langkah yang nyata. Kalau tak ada, mustahil Indonesia masuk ke Piala Dunia … kita harus konsisten dan memberi komitmen yang besar terhadap pembinaan,” katanya.

– Final Piala AFF, Timnas Indonesia: ‘Perbedaan Menyatukan Kita’
– Menegangkan, Indonesia akhirnya maju ke final Piala AFF
– Malaysia pertimbangkan mundur dari Piala AFF terkait nasib Rohingya

Ia mencontohkan Jepang yang memasang target juara di Piala Dunia pada 2050. Para pemain yang akan terjun di Piala Dunia belum lahir sekarang, tapi rencana besar sudah ditetapkan.

Ia meminta semua pemangku kepentingan sepak bola di Indonesia memiliki cetak biru atau rancangan besar (grand design) pembinaan sepak bola jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *